BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kebahagiaan Saelly Melinda, alumnus SMPN 6 Banjarmasin bertambah. Selain berhasil meraih nilai Ujian Nasional (UN) SMP 2010 terbaik pertama tingkat provinsi, dia juga diganjar beasiswa puluhan juta rupiah.

Kemarin, Saelly bersama sejumlah pelajar peraih nilai UN tertinggi untuk tingkat kabupaten/kota atau provinsi mengambil piagam penghargaan dan beasiswa tersebut ke Biro Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Provinsi Kalsel. Saelly mendapatkan beasiswa senilai Rp 21 juta.

“Senang sekali. Ini memacu semangat saya untuk meningkatkan prestasi di bangku SMA kini,” ucap siswi yang kini duduk di kelas 1 SMAN 7 Banjarmasin itu, Jumat (20/8).

Pelajar lainnya, Fitria Fasha yang meraih nilai UN terbaik kedua tingkat MTs juga menyatakan hal sama. Dia bersyukur karena beasiswa yang diterima bisa meringankan biaya pendidikannya.

“Syukur alhamdulilah bisa dapat seperti ini,” kata alumni MTsN Banjarmasin Selatan 2 ini.

Staf Biro Kesra Bagian Pendidikan dan Kebudayaan, Hernadi, mengatakan beasiswa tersebut merupakan penghargaan dari pemerintah daerah bagi mereka yang berhasil meraih nilai UN tertinggi. Diharapkan juga bisa menjadi penyemangat bagi pelajar lainnya.

Dananya diambil dari APBD provinsi, dengan total anggaran sebesar Rp 8 miliar.

Beasiswa diberikan kepada peraih nilai UN tertinggi satu sampai tiga mulai dari jenjang SD/MI, SMP/Mts, dan SMA/SMK/MA untuk pelajar di tingkat kabupaten, kota maupun tingkat provinsi.

Bagi pelajar jenjang SD diberikan langsung uang tunai sebesar Rp 15 juta per orang. Untuk jenjang SMP/MTs Rp 21 juta, dan untuk SMA/MA/SMK diberikan uang sebesar Rp 50 juta per orang.

Namun, untuk jenjang SMA/MA/SMK, uang sebesar Rp 50 juta itu tidak bisa dicairkan secara langsung. Uang itu, akan dicairkan per semester melalui tabungan Simpeda. “Untuk tahap pertama ini mereka diberi Rp 2.500.000,” ungkapnya.

Menurut dia, beasiswa untuk jenjang SMA/MA/SMK direncanakan untuk melanjutkan studi ke strata 1 (S1). Bagi yang meneruskan ke jenjang pendidikan diploma III, sisa uang bisa diambil dengan persetujuan atau rekomendasi dari Biro Kesra.

sumber:http://smansakh.sch.id/html/index.php?id=berita&kode=5

About these ads

One response »

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s